Liverpool FC

Minggu, 17 Agustus 2014

Stutridge Sterling bawa Liverpool raih 3 point pertama

Daniel Sturridge dan Raheem Sterling menjadi penentu sukses Liverpool meraih tiga angka pertama di Liga Primer Inggris musim 2014/15.

Gol dari dua pemain tersebut membawa Liverpool menang 2-1 atas Southampton di Anfield pada Minggu (17/8) malam WIB.

Dengan tiga angka di kandang sendiri, Liverpool berada di level yang sama dengan rival mereka, Arsenal, di klasemen Liga Inggris.

Babak I

Laga babak pertama antara Liverpool dan Southampton di Anfield, Minggu (17/8) malam WIB berakhir dengan keunggulan tim tuan rumah.

Tampil di depan pendukung sendiri, sepuluh menit pertama menjadi milik Liverpool. Steven Gerrard cs bermain menekan sejak awal dan banyak menguasai bola.

Daniel Sturridge mencoba peruntungannya di menit tujuh lewat tendangan jarak jauh. Namun bola masih melebar dari gawang Southampton.

Kans berikutnya tercipta dari tendangan sudut yang diambil Gerrard. Bola yang melintas di kotak penalti sempat disundul Martin Skrtel, tapi masih bisa diamankan kiper Southampton.

Di menit 13, Sturridge membuat manuver di luar kotak penalti dan harus dijatuhkan Yoshida, namun wasit Mark Clattenburg tak menganggapnya sebagai pelanggaran.

Hingga 15 menit laga berjalan, Liverpool sudah lima kali mencoba peruntungan mengancam gawang Southampton, namun hanya sekali bola diarahkan tepat ke sasaran, yang belum berujung gol.

Di menit 23, Liverpool bisa memecah kebuntuan. Berawal dari aksi Jordan Henderson merebut bola dari pemain tengah Southampton, gelandang Liverpool itu melepas umpan terukur ke jantung pertahanan lawan. Raheem Sterling dengan sigap mengejar bola dan melepas sontekan ringan ke sudut kanan gawang Southampton tanpa bisa dihadang kiper lawan. 1-0 untuk Liverpool.

Di menit 26, gawang Simon Mignolet sempat terancam, namun sontekan Graziano Pelle masih tidak tepat sasaran.

Di menit 33, pemain anyar Liverpool Javier Manquillo mendapat kartu kuning karena melanggar pemain Southampton, yang juga berujung tendangan bebas. Mignolet pun dipaksa beraksi menepis bola yang dikirimkan ke arah tiang jauh gawangnya.

Memasuki sepuluh menit terakhir, tensi tekanan yang dilancarkan Liverpool tidak sebesar sebelumnya. Southampton pun lebih leluasa memainkan bola dan memasuki pertahanan tim tuan rumah. Sejumlah kans tercipta, tapi tak sampai mengancam gawang Mignolet.

Pelle sempat memberi kejutan kepada Mignolet di masa injury time, tapi kiper asal Belgia tersebut bisa menepis bola melewati mistar atas gawangnya.

Skor 1-0 akhirnya bertahan hingga berakhirnya paruh pertama laga. Liverpool untuk sementara memimpin lewat gol Sterling.

Babak II

Start lambat ditunjukkan pemain Liverpool di paruh kedua. Hal ini dimaksimalkan tim tamu untuk balik menekan. Steven Davis memberikan ancaman tapi masih bisa dinetralisir barisan belakang Liverpool.

Pelle juga menebar ancamannya, lewat penguasaan bola yang bagus di zona pertahanan Liverpool. Sekali lagi, Skrtel dan Lovren masih sulit untuk dilewati.

Tapi di menit 56, gawang Mignolet akhirnya jebol. Nathaniel Clyne menjadi pencetak gol dengan tendangan keras dari dalam kotak penalti setelah menerima umpan dari Dusan Tadic.

Bisa menyeimbangkan kedudukan membuat Southampton memiliki kepercayaan diri untuk terus menekan. Tapi Mignolet masih sigap di bawah mistar gawang.

Di menit 63, Ward-Prowse masuk ke daerah penalti Liverpool dan mengirim umpan kepada Davis, tapi bola diarahkan tepat ke penjaga gawang Liverpool.

Brendan Rodgers memutuskan untuk melakukan pergantian pemain, dengan menarik Lucas Leiva dan memasukkan Joe Allen di menit 65. Tapi di sepuluh menit pertama setelah Allen masuk, Liverpool belum bisa keluar dari tekanan. Baik Skrtel, Lovren dan Mignolet harus melakukan upaya keras membendung serangan lawan.

Southampton juga melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Shane Long dan menarik Tadic.

Sementara itu, di menit 75, Allen mengirim umpan kepada Henderson, tapi gelandang Liverpool dan timnas Inggris itu gagal mengarahkan bola ke gawang.

Rickie Lambert dimasukkan Rodgers semenit kemudian, menggantikan Coutinho. Sedikit banyak, pergantian itu mengubah alur serangan Liverpool.

Terbukti, di menit 79, Sturridge bisa mengembalikan keunggulan Liverpool setelah sontekannya, menyambut umpan sundulan Sterling, berhasil bersarang ke gawang Frazer Forster. Liverpool kembali memimpin 2-1.

Southampton berusaha bangkit dan mengejar ketertinggalan. Di menit 85 Pelle melepas tendangan tepat ke arah Mignolet. Dua menit kemudian, bola tendangan Morgan Schneiderlin berhasil ditepis Mignolet dan mengenai mistar. Bola rebound masih mengancam, tapi Long tak bisa menyundul bola masuk ke gawang.

Masa injury time berjalan selama empat menit, baik Liverpool dan Southampton gagal menambah gol. Skor 2-1 pun bertahan hingga akhir laga dengan tiga angka menjadi milik Liverpool

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages - Menu